Friend

Sabtu, 12 Mei 2012

Sekolah Bertaraf International itu dibutuhkan

JAKARTA, KOMPAS – Indonesia tetap perlu mengembangkan sekolah bermutu tinggi seperti sekolah bertaraf internasional atau SBI. Jika dalam pelaksanaannya rintisan sekolah bertaraf internasional menimbulkan banyak masalah, hal itu bisa diperbaiki.
Pandangan tersebut dikemukakan dua saksi ahli dari pemerintah, yakni Guru Besar Universitas Negeri Yogyakarta Slamet serta mantan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sekaligus dosen Institut Teknologi Bandung, Indra Djati Sidi, dalam sidang di Mahkamah Konstitusi (MK) di Jakarta, Rabu (11/4). Sidang uji materi Pasal 50 Ayat 3 UU nomor 20 Tahun 2003 soal RSBI/SBI yang dipimpin Ketua MK Mahfud MD kali ini mendengarkan keterangan saksi ahli dari pemerintah.
Menurut Slamet, menunda pelaksanaan RSBI sampai menunggu semua sekolah sempurna atau memenuhi delapan standar nasional pendidikan menyebabkan kemajuan Indonesia bakal tertinggal jauh dari Negara-negara di tingkat regional dan internasional.
Oleh karena itu, sekolah-sekolah RSBI/SBI di jenjang SD hingga SMA sederajat dibutuhkan Indonesia semata-mata untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang berdaya saing di dunia global.

Begitulah, mungkin kita bisa lebih baik kalau masuk sekolah yang international. Tapi menurut gua sih, kalo mau sukses tergantung dari anak itu sendiri, sekolah itu fasilitas, terserah dia mau memanfaatkannya atau tidak :). Semoga SMAN 8 Tangerang bisa menjadi sekolah SBI, amin. 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar